Keberkahan diBulan Ramadhan


Mempersiapkan Diri untuk Menggapai Keberkahan diBulan Ramadhan

Ceramah agama dalam rangka persiapan memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H dilaksanakan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Timur di Ruang Rapat Pola Dasar, Jum’at 11 Mei 2018.

Kepala Bappeda Kaltim yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya, Drs. H. Hariyo Santoso memberikan sambutan dan membuka acara tersebut. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pentingnya acara ini untuk mempersiapkan dan koreksi diri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. “Dalam Rangka menyambut Bulam Ramadhan yang akan kita jalani, penting bagi kita untuk mempersiapkan dan koreksi diri sehingga Bulan Ramadhan menjadi pesantren bagi diri kita dan introspeksi apa yang harus kita lakukan dari awal hingga akhir bulan Ramadhan”, ujarnya. 

Acara yang mengusung tema “Persiapkan Keimanan, Raih Ketaqwaan dan Gapai Keberkahan di Bulan Ramadhan” tersebut dihadiri oleh seluruh Pegawai PNS dan Non PNS muslim dan muslimah dilingkungan Bappeda Kaltim. Ustadz Anshari Taslim, diundang untuk memberikan tausiah dalam kesempatan tersebut. Ustadz yang juga Direktur Pesantren Bina Insani Kamil Jakarta, Penulis Buku Thariqush Salihin, serta Penterjemah Kitab-kitab Klasik (Turafs) itu hadir didampingi oleh Ustadz Aslam Abu Hanifah yang merupakan ketua Pusdai Provinsi Kalimantan Timur.

Mengawali tausiahnya, Ustadz Anshari Taslim menyampaikan bahwa pentingnya kita mensyukuri segala nikmat dan karunia dari Allah SWT berupa iman dan hidayah, karena itulah yang menjadi bekal untuk menjadi sukses di dunia dan akhirat. “Salah satu nikmat yang Allah berikan kepada kita yang paling berharga adalah nikmat iman dan hidayah, karena itulah yang menjadi bekal kita menjadi sukses di dunia dan akhirat” ujar Ustadz Anshari dihadapan Pegawai Bappeda muslim dan muslimah yang menyimak tausiah dengan khidmat.

Lebih lanjut, kesuksesan sejati terkait dengan upaya menggapai keberkahan dibulan ramadhan bagi setiap manusia sebagaimana disampaikan Allah SWT dalam firmannya QS. Ali Imron ayat 185 ialah manusia yang dijauhkan dari neraka dan masuk kedalam surga. Itulah ukuran kesuksesan yang paling mulia disisi Allah SWT.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh hikmah, dimana terdapat ibadah puasa wajib yang melatih manusia untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa, yakni pribadi yang menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangaNya. Ketika seseorang telah bertaqwa, kehidupannya akan menjadi berkah. (fjr)