Konsultasi Publik Thn 2018 Rancangan Awal RKPD Kaltim


Samarinda, 28/02/2018. Kepala Bappeda Provinsi Kaltim di wakili oleh Kepala Bidang Prasarana Wilayah Yusliando, ST menyampaikan paparan pada acara Konsultasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal RKPD Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019 di ruang pertemuan Hotel Midtown Samarinda.

 

Dalam paparan tersebut disampaikan bahwa capaian indikator makro pembangunan Kaltim sampai dengan Tahun 2017 yaitu PDRB ADHB meningkat dari capaian tahun 2016, Pertumbuhan ekonomi meningkat dari tahun 2016, Tingkat Pengangguran lebih kecil dari tahun 2016, Tingkat Kemiskinan meningkat dari tahun 2016, Laju Inflasi lebih rendah dari tahun 2016, Investasi meningkat dari tahun 2016, Indeks Kualitas Lingkungan lebih rendah dari tahun 2016, serta capaian IPM yang belum dapat ditentukan. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat tersebut terutama dikarenakan peningkatan pada sektor pertambangan dan penggalian yang tentu saja berdampak pula pada kualitas lingkungan Provinsi Kalimantan Timur.

Pelaksanaan Konsultasi Publik Tahun 2018 yang mengusung tema “Memperkuat Daya Saing Investasi Untuk Mempercepat Hilirisasi Industri” merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan tahunan daerah dan merupakan lanjutan dari Rapat Teknis Bappeda se Kalimantan pada Februari lalu di Kota Bontang. Forum ini bertujan untuk memperoleh masukan dan saran dari setiap unsur pemangku kepentingan untuk penyempurnaan terhadap rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2019. Hal ini dikemukakan oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Kaltim Drs. H. Sufian Agus, M.Si.

 

“RKPD Tahun 2019 merupakan RKPD transisi dan merupakan pelaksanaan tahun Pertama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Periode 2018-2023 yang belum disusun dan ditetapkan. RKPD 2019 menjadi sangat strategis karena harus dapat menafsirkan dan menjabarkan isu strategis, permasalahan dan arah kebijakan pembangunan yang dapat selaras dengan RPJMD yang masih belum ditetapkan” tutur Asisten I Administrasi Umum Drs. H. Bere Ali, M.Si saat membuka acara Konsultasi Publik mewakili Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh peserta yang berasal dari para pejabat eselon II, III, IV maupun staf lingkup Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan Bappeda Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, Akademisi, Perbankan, Asosiasi Profesi, LSM, Ormas, serta Tokoh Masyarakat. (fjr)