Musrenbang RKPD Tahun 2018


Musrenbang RKPD Tahun 2018 menjadi Pijakan Pembangunan Kaltim Berkelanjutan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018 di Ballroom Hotel Novotel, Balikpapan, Senin (16/04/2018).

 

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Zairin Zain, M.Si dalam laporan ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa RKPD Tahun 2019 merupakan RKPD masa transisi mengingat bahwa RJMD 2013-2018 akan berakhir dan akan dilanjutkan oleh Gubernur terpilih pada pemilukada yang dilaksanakan pada tahun 2018. Berkaitan dengan hal tersebut penyusunan RKPD 2019 tetap berpedoman pada RPJPD 2005-2025 dan hasil Evaluasi capaian kinerja tahun 2017 serta Prioritas Pembangunan Nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2019 dan Isu-isu strategis yang berkembang saat ini serta prediksi masa mendatang baik di daerah, regional, nasional maupun global.

 

Lebih lanjut, Kepala Bappeda Kaltim juga menyampaikan bahwa Penyusunan RKPD tahun 2019 ini merupakan langkah strategis dan Merupakan rangkaian terencana dari upaya membangun fundamental ekonomi daerah yang kuat berbasis sumber daya terbarukan (renewable resources) sebagai pondasi untuk menuju Transformasi Ekonomi tahun 2030 yang telah digagas oleh Bapak Gubernur KalimantanTimur sebagai salah satu wujud sumbangsihnya untuk mewujudkan  Kalimantan Timur tumbuh menjadi daerah yang mandiri dan mampu mensejahterakan masyarakatnya.

 

Acara yang mengusung tema “Memperkuat Daya Saing Investasi Untuk Mempercepat Hilirisasi Industri” tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, Dr. H. Awang Faroek Ishak dan dihadiri oleh kurang lebih 600 (enam ratus) orang dari seluruh pemangku kepentingan yang terdiri dari unsur Anggota DPR RI, DPD RI asal Pemilihan Kaltim, Pimpinan Instansi/Lembaga Vertikal Provinsi Kalimantan Timur, SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Bupati/Walikota dan Perangkat Daerah Kabupaten/Kota, DPRD Kabupaten/Kota, Rektor, Perguruan Tinggi, BUMN/BUMD, Perbankan, Tokoh Masyarakat, Organisasi Pemuda, Insan Pers dan Lembaga Sosial Masyarakat. Dalam pelaksanaan acara tersebut dilakukan paparan oleh 4 Narasumber, yaitu :

  1. Kementerian PPN/BAPPENAS RI dengan Tema “Arah Kebijakan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019 Dalam Rangka Pemerataan Pembangunan Untuk Pertumbuhan Yang Berkualitas di Kalimantan Timur”
  2. Kementerian Dalam Negeri RI dengan Tema “Penguatan Regulasi Dalam Rangka Mendukung Investasi di Kalimantan Timur”
  3. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dengan Tema “Percepatan Penyelesaian Pembangunan Infrastruktur Pekerjaan Umum di Kalimantan Timur”
  4. Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional RI dengan Tema “Percepatan Pengadaan Tanah Untuk Mendukung Program Strategis Pembangunan” (fjr)