Prof. Aswin menjadi Narasumber Sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Berau


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Samarinda 28 Juli 2020, Dalam Rangka memenuhi Komitmen Pemerintah dalam pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) dan Pemetaan Indikator Kabupaten Berau. Maka Pemerintah Kabupaten Berau melaksanakan Sosialisasi berkenaan hal tersebut.
Kegiatan diikuti seluruh Perangkat Derah Lingkup Pemerintah Kabupaten Berau. Peserta dalam kegiatan ini dibagi menjadi dua yaitu peserta online dan peserta offline. Dimana peserta online hadir melalui aplikasi Zoom Meeting.
            Dalam hal ini Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur Prof. Dr. Ir. H. M. Aswin, MM turut hadir secara online menjadi narasumber pada kegiatan tersebut, dengan menyampaikan materi Pembelajaran Penyusunan dan Status Capaian RAD Kabupaten Berau.
            Pada kesempatan ini Prof. Aswin menyampaikan SDGs memiliki 17 tujuan (goals) , 169 target dan 241 indikator yang di kelompokan menjadi menjadi 4 pilar , yaitu pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan, dan pilar pembangunan hukum & tata kelola.
         Lebih lanjut Aswin menjelaskan dalam pelaksanaannya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan sesuai perpres nomor 59 tahun 2017 , Gubernur Menyusun RAD TPB lima tahunan bersama Bupati/Walikota di wilayahnya masing-masing dengan melibatkan ormas, filantropi, pelaku usaha, Akademisi, dan Pihak terkait lainnya. Kemudian Gubernur menyampaikan setiap tahun laporan pencapaian atas pelaksanaan sasaran TPB Daerah kepada Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. (Bapp/Hum/Fat)