Pengumuman

Bappeda Provinsi Kalimantan Timur berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan memberikan kinerja yang terbaik guna pembangunan Kalimantan Timur yang lebih optimal, sesuai dengan motto pelayanan Bappeda Provinsi Kalimantan Timur "Berhasil Membuat Perencanaan Berarti Merencanakan Keberhasilan". Hubungi admin website kami pada fitur chat admin yang berada pada sisi paling kanan halaman website ini bila anda membutuhkan informasi seputar perencanaan pembangunan daerah. Segala bentuk penyalahgunaan yang dilakukan oleh Pejabat Bappeda Kaltim, Laporkan pada kami melalui email atau chat admin.

Bimtek SIMPADU Provinsi Kaltim

Berita

Bimtek SIMPADU Provinsi Kaltim

Samarinda, 12/8/14. Plh. Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur sekaligus Sekretaris Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Ir.H. Nazrin, M.Si 1a._Bimtek_Simpadu_Provinsi_Kaltimmenyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis Sistem Informasi Managemen Terpadu (SIMPADU) Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Kalimantan Timur di ruang rapat Pola Dasar lantai I kantor Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Jl. Kusuma Bangsa Nomor 2 Samarinda.

Ir. H. Nazrin, M.Si di dampingi oleh oleh Kepala Sub Bidang Kesejahteraan Rakyat, Ir. Surono,M.Si dan Isa Ansari dari Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS  dan dibantu oleh tenaga ahli aplikasi SIMPADU Bappenas dihadiri peserta SKPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kurang lebih lima puluh orang.

Dalam sambutannya Plh. Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur mengatakan bahwa program percepatan pengentasan kemiskinan merupakan salah satu program prioritas pembangunan daerah berdasarkan RPJMD Provinsi Kalimantan Timur tahun 2013-2018. Secara keseluruhan bahwa 12 program prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur adalah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltim antara lain : 1. Peningkatan kualitas sistem penyelenggaraan pendidikan; 2. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan; 3. Percepatan transformasi ekonomi; 4. Percepatan pengentasan kemiskinan; 5. Peningkatan dan perluasan kesempatan kerja; 6. Pengembangan ekonomi kerakyatan; 7. Pemenuhan kebutuhan energi ramah lingkungan; 8. Pengembangan agroindustri; 9. Penguatan cadangan pangan; 10. Peningkatan kualitas infrastruktur dasar; 11. Reformasi birokrasi dan layanan publik; 12. Peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Sementara penyampaian narasumber dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Isa Ansari menjelaskan dan memberikan pengenalan aplikasi SIMPADU adalah :
1.    Aplikasi SIMPADU ini berbasis web yang menampilkan informasi-informasi program kemiskinan di tingkat provinsi, baik program nasional (PNPM ) maupun program kemiskinan di masing-masing daerah;
2.    Aplikasi SIMPADU berisi informasi yang ditampilkan dalam format analysis (Grafik, Tematik dan Table)  dengan mengunakan konsep Pre Defined, Free Defined, User Defined;
3.    Begitu juga aplikasi ini terintegrasi data program PNPM dari Simpadu PNPM Mandiri dan program-program penanggulangan kemiskinan daerah (konsolidasi data).

Aplikasi Sistim Informasi Managemen Terpadu dalam rangka untuk meningkatkan kerjasama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan penanggulangan kemiskinan, terutama dalam aspek perencanaan dan pemantauan pelaksanaan kegiatan, Kementrian Perecanaan Pembangunan/Bappenas bermaksud membangun aplikasi SIMPADU di tingkat provinsi dengan basis data SIMPADU Penanggulangan Kemiskinan.

SIMPADU Provinsi selain berisi data tentang PNPM Mandiri juga akan dilengkapi dengan data-data terkait data profil daerah (POLDES), data kemiskinan (data PPLS) dan data lain baik yang bersumber dari BPS maupun Pemerintah Daerah.

Keberadaan SIMPADU Provinsi bermaksud agar Pemerintah dapat mengetahui secara detail seluruh kegiatan program penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan di daerah. (Humas Bappeda Kaltim/Sukandar, S.Sos).