Pengumuman

Bappeda Provinsi Kalimantan Timur berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan memberikan kinerja yang terbaik guna pembangunan Kalimantan Timur yang lebih optimal, sesuai dengan motto pelayanan Bappeda Provinsi Kalimantan Timur "Berhasil Membuat Perencanaan Berarti Merencanakan Keberhasilan". Hubungi admin website kami pada fitur chat admin yang berada pada sisi paling kanan halaman website ini bila anda membutuhkan informasi seputar perencanaan pembangunan daerah. Segala bentuk penyalahgunaan yang dilakukan oleh Pejabat Bappeda Kaltim, Laporkan pada kami melalui email atau chat admin.

Konsultasi Publik Membawa Sinergi Pembangunan Kaltim

Image Berita

Konsultasi Publik Membawa Sinergi Pembangunan Kaltim

Samarinda, 14/3/2017. Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Dr.Ir.H.Zairin Zain, M.Si  menyampaikan paparan pada acara Konsultasi Publik Kaltim Tahun 2017 dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018 di ruang rapat Hotel Midtown Samarinda.

Dalam sambutannya H. Zairin Zain mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dengan judul Arah Kebijakan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018 dan tema Konsultasi Publik Kaltim 2017 "Penguatan Ekonomi Masyarakat Menuju Kesejahteraan yang Adil dan Merata” mengatakan bahwa Konsultasi Publik Kalimantan Timur Tahun 2017 ini akan membawa sinergi pembangunan Provinsi Kalimantan Timur dan antar Kabupaten/Kota se Kaltim maupun tingkat nasional.

Pelaksanaan Konsultasi Publik Kaltim Tahun 2017 dibuka oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat, Ir.H.Bere Ali, M.Si mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur dihadiri peserta kurang lebih dua ratus lima puluh orang yang berasal dari para pejabat eselon II, III, IV maupun staf lingkup Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan Bappeda Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur, kalangan pengusaha/swasta, LSM Lokal, NGO asing, tokoh masyarakat, akademisi dan organisasi masyarakat Kaltim.

ARTI PENTING KONSULTASI PUBLIK

Pelaksanaan forum konsultasi publik dimaksudkan untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal. Dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan.

Forum konsultasi dilaksanakan secara terbatas dengan mengundang para pemangku kepentingan utama yang terdiri dari unsur akademisi/perguruan tinggi, asosiasi-asosiasi profesi, para pengusaha dan tokoh masyarakat.
 
Dari forum Konsultasi Publik tersebut diharapkan mendapatkan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada  aspek teknokratis.
 
PRIORITAS & SASARAN PEMBANGUNAN TAHUN 2018

Tema RKPD Tahun 2018 “Penguatan Ekonomi Masyarakat Menuju Kesejahteraan Yang Adil dan Merata” dengan program prioritas tahun 2018 antara lain :
1.  Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan
2.  Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan
3.  Percepatan Pengentasan Kemiskinan
4.  Peningkatan Dan Perluasan Kesempatan Kerja
5.  Pengembangan Ekonomi Kerakyatan
6.  Percepatan Transformasi Ekonomi
7.  Pemenuhan Kebutuhan Energi Ramah Lingkungan
8.  Pengembangan Agribisnis
9.  Peningkatan Produksi Pangan
10. Peningkatan Kualitas Infrastruktur Dasar
11. Reformasi Birokrasi Dan Tata Kelola Pemerintahan
12. Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup

HAKEKAT PERENCANAAN SECARA NASIONAL MAUPUN DAERAH

Perencanaan Pembangunan Daerah merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan daerah maupun nasional dan pada haketnya perencanaan pembangun merupakan suatu rangkaian proses kegiatan menyiapkan keputusan mengenai apa yang diharapkan terjadi seperti peristiwa, keadaan, suasana dan sebagainya. Perencanaan bukanlah masalah kira-kira, manipulasi atau teoritis tanpa fakta atau data yang kongkrit melainkan persiapan perencanaan harus dinilai. Bangsa lain yang terkenal perencanaannya adalah bangsa Amerika Serikat. Perencanaan sangat menentukan keberhasilan dari suatu program sehingga bangsa Amerika dan bangsa Jepang akan berlama-lama dalam membahas perencanaan daripada aplikasinya. Mengutif dari media massa.

Pembangunan Jangka Panjang boleh dikatakan telah berhasil meletakkan landasan yang kuat bagi pembangunan Jangka Panjang berikutnya. Adapun tujuan Pembangunan Jangka Panjang adalah mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri, sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan masyarakat adil makmur dalam negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Rumusan yang luas tersebut dapat kita sebut tujuan normatif atau visi normatif dari pembangunan nasional. Dalam rangka pencapaian tujuan normatif Pembangunan Jangka Panjang tersebut di rumuskan pula sebagai sasaran umum ialah terciptanya kualitas manusia dan kualitas masyarakat Indonesia yang maju dan mandiri. Masyarakat semakin berkembang, semakin cerdas dan semakin luas pula horison pilihannya sebagai hasil sumber daya manusia Indonesia.

Menghadapi Pembangunan Jangka Panjang banyak hal yang perlu di perhitungkan untuk lebih mengarahkan tujuan atau sasaran umum yang akan dicapainya harus lebih rinci agar perkembangannya tidak melebar atau melenceng tanpa arah yang jelas.

Dalam kerangka ini perlu dirumuskan suatu tujuan dan sasaran yang strategis. Sebagai unsur di dalam pertama di dalam program pengembangan umum Indonesia guna mencapai tujuan Pembangunan Jangka Panjang terutama di bidang kesehatan haruslah berpijak pada dua prinsip pokok yaitu sifatnya yang komprehensif dan dinamis.

Sifat yang komprehensif disebabkan karena seluruh program pembangunan nasional yang pada hakekatnya dilaksanakan oleh manusia Indonesia yang mampu untuk melaksanakannya. Manusia Indonesia tersebut adalah manusia hasil binaan pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan tuntutan pasar atau tuntutan pembangunan nasional.

Untuk menjadi bangsa yang mandiri, pada dasarnya tidak ada satupun sektor kehidupan bangsa atau sektor pembangunan nasional yang tidak dijamah oleh Sumber Daya Manusia Indonesia. Apabila Sumber Daya Manusia Indonesia yang tidak dipersiapkan maka sektor-sektor tersebut akan diisi oleh tenaga-tenaga asing sesuai dengan dinamisme kehidupan dunia dewasa ini yaitu dunia terbuka. Dunia yang terbuka memungkinkan persaingan antar manusia dan antar bangsa.

Hanya bangsa dan manusia yang terampil, bermutu yang akan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa yang lain dalam era globalisasi ini. Perencanaan pendidikan dan pelatihan yang komprehensif berarti bahwa bahwa perencanaan tersebut haruslah sejalan dan seiring dengan strategi pembangunan serta prioritas nasional. Sesuai dengan arah dan sasaran Pembangunan Jangka Panjang maka perencanaan umu nasional haruslah dinamis sesuai dengan dinamika yang hidup di dalam masyarakat Indonesia yang sedemakin tinggi mutu kehidupannya dan tingkat pemikiran rakyatnya. Dinamika masyarakat yang semakin meningkat menuntut partisipasi masyarakat luas untuk memberdayakan masyarakat dan mengikutsertakan dinamika masyarakat.

Hal ini berarti pula bahwa proses perencanaan harus rentan pada perubahan yang hidup di dalam kehidupan yang nyata dan bukan merupakan rekayasa dari atas atau pemerintah pusat. Meskipun tidak seluruhnya rekayasa pemerintah bersifat negatif tetapi dinamika menuntut suatu adonan yang serasi antara tuntutan pemerintah pusat dengan keikutsertaan masyarakat banyak.

Kebutuhan pasar dan kebutuhan rakyat banyak mencerminkan meningkatkan kehidupan demokrasi dan juga merupakan hasil suatu proses perencanaan umum yang semakin dekat dengan kebutuhan masyarakat. Perencanaan umum yang dibutuhkan masyarakat masa depan adalah perencanaan yang didorong oleh mekanisme pasar dan kebutuhan. Yang berarti tujuan pembangunan nasional akan lebih dekat dan mendapat support dari masyarakat secara utuh. Dan selanjutnya dunia masa depan, dunia abad 21 sebagai abad informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia yang sedang menapak kearah masyarakat industri.

Transformasi masyarakat masa depan menuntut suatu visi perencanaan umum yang jelas serta mengakomodasikan dinamika transformasi sosial ekonomi masyarakat. Era teknologi komunikasi akan lebih mendekatkan manusia satu dengan yang lain sehingga dinamika tersebut harus ditampung untuk lebih mensukseskan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Visi strategis tersebut harus dapat mengarahkan proses perencanaan umum nasional sehingga dengan demikian program-program pembangunan nasional yang diprioritaskan pada segala bidang akan di support oleh adanya Sumber Daya Manusia Indonesia yang cerdas dan terampil sesuai dengan kebutuhan masyarakat global.

1. Definisi Perencanaan Conyers & Hills (1994) mendefinisikan perencanaan sebagai suatu proses yang bersinambungan yang mencakup keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan berbagai alternatif penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu pada masa yang akan datang.

Sedangkan menurut Yulius Nyerere perencanaan merupakan proses memilih diantara berbagai kegiatan yang diinginkan karena tidak semua yang diinginkan itu dapat dilakukan dan dicapai dalam waktu yang bersamaan. Perencanaan adalah sebuah konsep yang terencana dan disusun secara sistematis oleh suatu badan tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Perencanaan adalah pemilihan dan penetapan kegiatan, selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa. Perencanaan adalah suatu proses yang tidak berakhir bila rencana tersebut telah ditetapkan dan haruslah diimplementasikan.

2. Definisi Pembangunan Pembangunan menurut Siagian adalah suatu rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa. Menurut Rostow pembangunan adalah transformasi dari negara terbelakang menjadi negara maju dan dapat dijelaskan melalui urutan tingkatan atau tahap. Menurut La Peire pembangunan adalah usaha yang secara sistematis direncanakan dan dilakukan untuk mengubah situasi dan kondisi masyrakat ke taraf yang lebih sempurna. Sedangkan menurut Gouled salah satu bentuk perubahan sosial dan modernisasi adalah bentuk khusus dari pembangunan sedangkan industrialisasi adalah salah satu segi dari pembangunan. Pembangunan adalah perubahan kearah kondisi yang lebih melalui upaya yang dilakukan secara terencana. Pembangunan adalah pembaharuan yang juga merupakan suatu bentuk perubahan ke arah yang dikehendaki tetapi lebih terkait dengan nilai-nilai atau sistem nilai. Dengan melihat kedua pengertian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa Perencanaan Pembangunan adalah suatu proses penyusunan tahapan-tahapan yang melibatkan berbagai unsur didalamnya guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber-sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkungan, wilayah atau daerah dalam jangka waktu tertentu.

PROYEK-PROYEK STRATEGIS NASIONAL DI KALTIM  

Proyek strategis Nasional di Provinsi Kalimantan Timur berdasarkan Perpres Nomor 3 Tahun 2016 antara lain :
1. Jalan Tol Balikpapan – Samarinda;
2. Pembangunan Rel Kereta Api Provinsi;
3. Pelabuhan Baru dan Pengembangan Kapasitas Pelabuhan KEK MBTK;
4. Kilang Minyak Bontang;
5. Upgrading Kilang Minyak Balikpapan
6. Bendungan Marangkayu;
7. Bendungan Teritip;
8. Kawasan Industri/KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan
9. Pengembangan Pertanian Food Estate Kaltim.
10. Pembangunan Jalan Akses Perbatasan
11. Pembangunan Bandara Samarinda Baru
12. Pembangunan Jalan Akses Bandara Smd Baru
13. Pembangunan Jalan Pendekat Jb. Pulau Balang
14. Pembangunan Bandara Maratua
15. Pembangunan PLTU Mulut Tambang 1000 MW
16. Pengembangan 2 Juta Ha Kelapa Sawit
17. Pembangunan Jembatan Tol PPU – Balikpapan
18. Pembangunan Jalan Tol Samarinda - Bontang

(Humas Bappeda Provinsi Kaltim/Sukandar,S.Sos).