Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan didampingi oleh staf teknis menghadiri agenda Pemaparan Laporan Pendahuluan Paket Penyusunan Studi Kelayakan Jalan Tol Akses Menuju Ibu Kota Negara dari Kota Balikpapan melalui Zoom Meeting pada Senin, 6/6/2022. Agenda tersebut juga dihadiri oleh Dinas PUPR Prov Kaltim; Direktur Jalan Bebas Hambatan; Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan; Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan; Anggota BPJT; Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Prov. Kaltim; Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN; Sekretariat BPJT; PT. Virama Karya KSO PT Anugerah Kridapradana sebanyak 67 partisipan.
-
Pemaparan tersebut disampaikan oleh Badan Pengatur Jalan Tol, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Pada paparan tersebut, dijelaskan bahwa IKN direncanakan menjadi Super Hub Kalimantan yang membutuhkan aksesibilitas jaringan transportasi yang handal. Maka dari itu diperlukan Jalan Bebas Hambatan atau yang sering disebut tol guna meningkatkan potensi investasi dan pengusahaan jalan yang bermanfaat ganda, yaitu : Optimasi jaringan distribusi logistik dan efisiensi mobilisasi orang, barang, jasa; serta Optimasi pembiayaan penyelenggaraan jalan untuk pelibatan investasi non pemerintah.
-
Konsepsi Perencanaan Trase Tol IKN yaitu Fungsi dan kesesuaian kawasan dan tata ruang Prov. Kaltim, Kota Balikpapan, Kab. Penajam PU. Konektivitas IKN terdapat pada Bandara SAMS Sepinggan; Pelabuhan : Telsus IHM, TUKS IKU, Dermaga Pulau Balang, Dermaga Lango, Pel. Buluminung dan Kawasan pendukung. Optimasi fungsi dan jaringan jalan eksisting: On-off ramp tol untuk akses wilayah dan Jembatan Pulau Balang.
-
Pada pembangunan Tol terdapat Segmen serta Trase Alternatif Tol IKN.
Segmen 1 : Bandara Sepingan – Tol Balsam;
Segmen 2 : Tol Balsam;
Segmen 3 : Tol Balsam Km.9 - Sp. Tempadung;
Segmen 4 : Sp. Tempadung – Inner Ring Road IKN;
Segmen 5 : Sp. Tempadung – Rencana Bandara; serta
Segmen 6 : Bandara VVIP – Rencana Outer Ring Road IKN.
-
Adapun aspek yang perlu diperhatikan pada Trase Alternatif yaitu Dasar Pengembangan, Panjang (km), Ketersediaan Lahan, Kesulitan Konstruksi serta Kondisi Khusus. Rekap jarak pada Rekomendasi Trase Awal dengan jarak Sepinggan – IKN sepanjang 50,3 Km; IKN – Bandara VVIP sepanjang 27,65 Km dan Total Panjang Tol sepanjang 77,18 Km.
-
-
#kemenPUPR
#bappedakaltim2022
#dinaspuprkaltim
#studikelayakanjalantol
#ibukotanegarabaru
#ibukotanusantara
#ppidbappedakaltim