Pengumuman

Bappeda Provinsi Kalimantan Timur berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan memberikan kinerja yang terbaik guna pembangunan Kalimantan Timur yang lebih optimal, sesuai dengan motto pelayanan Bappeda Provinsi Kalimantan Timur "Berhasil Membuat Perencanaan Berarti Merencanakan Keberhasilan". Hubungi admin website kami pada fitur chat admin yang berada pada sisi paling kanan halaman website ini bila anda membutuhkan informasi seputar perencanaan pembangunan daerah. Segala bentuk penyalahgunaan yang dilakukan oleh Pejabat Bappeda Kaltim, Laporkan pada kami melalui email atau chat admin.

Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Tugas Pembantuan

Image Berita

Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Tugas Pembantuan

Dalam rangka koordinasi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Tugas Pembantuan (TP) di Kabupaten/Kota, Bappeda Prov. Kaltim menyelenggarakan Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Tugas Pembantuan di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur secara langsung dan secara daring bertempat di Hotel Swiss-bel Balikpapan, Rabu (03/08/2022).

-

Acara ini dibuka oleh kepala Bappeda Prov.Kaltim Prof. Dr. Ir. H. M. Aswin, MM dan dihadiri secara daring sebagai narasumber Direktur Dekonsentrasi Tugas dan Pembantuan Kerjasama, Kementrian PPN bidang Pengembangan Regional, Dirjend Perimbangan Keuangan, dan hadir secara langsung Kepala Biro Administrasi Pembangunan Kalimantan Timur, serta Bappelitbang Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur.

-

Koordinasi ini bertujuan untuk mengetahui capaian kinerja pelaksanaan Tugas Pembantuan di Kabupaten/Kota, serta mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Tugas Pembantuan terhadap capaian realisasi pelaksanaan program, anggaran Tugas Pembantuan, permasalahan dan kendala yang dihadapi, serta sasaran dan tindak lanjut dan solusi dalam mengatasi kendala tersebut.

-

Dalam sambutannya bapak Aswin menjelaskan Tugas Pembantuan adalah penugasan dari Pemerintah Pusat kepada daerah otonom untuk melaksanakan sebagian Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat atau dari Pemerintah Daerah provinsi kepada Daerah kabupaten/kota, Pemberian tugas pembantuan dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan pembangunan, dan pelayanan umum.

-

Pada kesempatan ini pula bapak Aswin menyampaikan beberapa isu strategis Kalimantan Timur mulai dari peningkatan daya saing sumber daya manusia, transformasi ekonomi Kaltim, penyediaan infrastruktur dasar, isu kerusakan lingkungan akibat penambangan batubara dan perkebunan kelapa sawit yang merupakan kewenangan pusat, pemindahan Ibu Kota Negara Ke Kalimnatan Timur, hingga Covid-19. Beliau berharap agar isu-isu tersebut dapat dicermati dan di kaitkan kedalam pelaksanaan Tugas Dan Pembantuan, “dengan mencermati isu strategis yang telah saya sampaikan, setidaknya didalam pertemuan pada hari ini kita berharap bisa mengkaitkan isu tersebut dengan pelaksanaan Tugas Pembantuan yang selama ini sudah berjalan di Kalimantan Timur” ungkapnya.

-

Hasil pelaksanaan koordinasi ini diharapkan dapat diperoleh keterangan dan informasi dari laporan masing-masing Kabupaten/Kota terkait dengan Jumlah yang memperoleh kegiatan TP; Jumlah alokasi TP; Satuan kerja pelaksana TP; Realisasi anggaran dan kinerja TP, Kesesuaian TP berdasarkan urusan yang dilimpahkan; serta Isu strategis penyelenggaraan TP di Kabupaten dan Kota.

-

Sehingga dari hasil analisis ini diperoleh saran dan masukan serta rekomendasi terhadap pelaksanaan tugas pembantuan di kabupaten/kota sebagai bahan masukan dalam perencanaan tugas pembantuan ke depan. Selain itu juga sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur kepada Pemerintah Pusat (Kemendagri) terkait pelaksanaan GWPP yang sudah berjalan sejak Tahun 2020 sampai saat ini.

 

#bappedakaltim2022

#monitoringevaluasipelaksanaantugaspembantuan

#capaiankinerjakabupatenkota

#ppidbappedakaltim