Postingan Lainnya

|
Rabu, 25 Juni 2025

|
Rabu, 25 Juni 2025

|
Rabu, 25 Juni 2025

|
Kamis, 05 Juni 2025

|
Rabu, 28 Mei 2025

|
Rabu, 28 Mei 2025

|
Selasa, 20 Mei 2025

|
Senin, 19 Mei 2025

|
Jumat, 16 Mei 2025

|
Kamis, 15 Mei 2025
Profil Bappeda
Sejarah Singkat Bappeda Kaltim: Dari 1974 hingga Pembaruan 2020
Tupoksi Bappeda
Temukan peran dan tanggung jawab Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 43 Tahun 2023
Struktur Organisasi
Lihat struktur organisasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur untuk memahami pembagian tugas dan fungsi setiap unit
ASN Bappeda Prov. Kaltim
Dapatkan informasi lengkap tentang ASN Bappeda Provinsi Kalimantan Timur
Kepala Bappeda
Kenali sosok Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur dan visinya
Sekretariat
Ketahui lebih lanjut bagaimana Sekretariat Bappeda Provinsi Kaltim menjalankan peran pentingnya dalam koordinasi administrasi, keuangan, dan operasional untuk mendukung kelancaran tugas seluruh unit
Bidang perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah
Lihat struktur organisasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur untuk memahami pembagian tugas dan fungsi setiap unit
Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia
Temukan peran Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia dalam merumuskan kebijakan dan mengembangkan sumber daya manusia serta kesejahteraan rakyat di Bappeda Kaltim
Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam
Simak bagaimana Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam memainkan peran penting dalam pengembangan kebijakan dan program untuk memaksimalkan potensi sumber daya
Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan
Dapatkan wawasan tentang koordinasi antar sub bidang dalam penyusunan rencana dan program pembangunan infrastruktur yang efektif dan efisien
Umum
Telusuri agenda terkini yang mendukung pelaksanaan berbagai program strategis untuk pembangunan dan pelayanan publik.
Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah
Telusuri agenda prioritas Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas perencanaan pembangunan daerah.
Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia
Telusuri jadwal agenda Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia yang berfokus pada pengawasan dan evaluasi berkelanjutan terhadap pelaksanaan pembangunan.
Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam
Telusuri informasi terkini mengenai agenda Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam yang berfokus pada pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan bersama.
Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan
Telusuri agenda strategis Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan yang mendukung pengembangan infrastruktur demi memperkuat konektivitas wilayah.
Artikel
Temukan informasi penting tentang inovasi pembangunan yang mendukung kemajuan daerah.
Berita Bappeda
Ulasan lengkap tentang program unggulan Bappeda yang berkontribusi pada kemajuan wilayah.
Informasi
Dapatkan informasi terbaru tentang program pembangunan daerah yang inovatif dan berdampak
Kinerja Pembangunan Kaltim
Ketahui perkembangan signifikan dalam kinerja pembangunan Kaltim yang mendorong kemajuan ekonomi daerah
Berita Nasional
Temukan berita terkini tentang perkembangan yang menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa.
Selasa, 01 Desember 2020
Admin
Berita
84002 kali dilihat
Bekerja Berdasarkan Aturan
Balikpapan, Kamis, 21/5/15. Asisten Administrasi Umum Setwilda Provinsi Kalimantan Timur, DR. Meiliana, SE.,M.M dengan menyampaikan semangat dalam menjalankan tugas dan topuksi masing-masing SKPD serta pesan yang sangat mendalam yaitu ”bekerjalah berdasarkan aturan yang ada, bukan atas dasar personal seorang pemimpin” ungkapanya pada saat membuka acara 1. Penjelasan Integrasi SIPPD-SIMDA; 2. Pelatihan SIPPD-SIMDA untuk Tim Asistensi; 3. Persiapan Implementasi Analisis Standar Belanja di ruang rapat lantai 10 Hotel Grand Jatra di Komplek Pertokoan Balikpapan Super Blok, Jln. Jenderal Sudirman Balikpapan yang diikuti peserta berjumlah kurang lebih 80 orang berasal dari Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Biro Keuangan Setwilda Provinsi Kalimantan Timur, Biro Pembangunan Daerah Setwilda Provinsi Kalimantan Timur dan Biro Perlengkapan Setwilda Provinsi Kalimantan Timur.
Agenda rapat diawali dengan pengantar pembukaan oleh Kepala Bagian Anggaran Biro Keuangan, H. Fahmi Prima Laksana dengan menyampaikan secara umum tentang maksud dan tujuan dari pelaksanaan agenda dimaksud.
Sambutan Asisten Administrasi Umum
Dalam penyampaian sambutan Asisten Administrasi Umum menyampaikan beberapa hal penting antara lain :
1. Bekerja berdasarkan system dan aturan yang berlaku, bukan karena personal atau seorang pemimpin, siapapun pemimpinnya tidak masalah karena berdasarkan system dan aturan yang ada;
2. Kaderisasi dalam menjalankan tugas, karena hal ini sangat penting dalam menjaga kualitas pekerjaan;
3. Kaderisasi bukan karena materi dengan tujuan tim ini menjadi lebih solid;
4. System harus kompak dan integrasi dengan mengambil contoh model system yang ada di Negara Korea semua menggunakan system;
5. Bekerja harus senang sehingga akan mudah dalam menjalankan tugas;
6. Bekerja harus tuntas dalam menjalankan tugas;
7. Gubernur menyampaikan semangat bekerja sebelum Presiden Jokowi menyampaikan himbouan kerja..kerja..kerja;
8. Gubernur diharapkan dapat laporan yang menggembirakan.
Presentasi Kabag Anggaran Biro Keuangan, H. Fahmi Prima Laksana
A. Pertanyaan peserta antara lain :
1. Seandangya lagi sibuk dalam menjalankan pekerjaan prioritas yang lain bagaimana dalam menyatasinya, Hermanto, Biro Keuangan;
2. Dana Blud dalalm RKPD 2016 masih data lama, padahal sudah ada data terbaru, apakah dalam penjelasan ini hanya merupakan contoh, Surono, Bappeda Provinsi Kaltim;
3. Kebijakan lainnya disertakan dalam TAPD;
4. Hal-hal yang ada diluar mekanisme dalam asistensi sebaiknya diperjelas apa saja ..?, Hardianto, Biro Keuangan;
5. Asisten di brige systemnya atau di RKA;
6. Yang menyiapkan ATK siapa yang bertanggung jawab;
7. Tim Asisten apakah harus eselon..?
8. Apakah staf bisa diperkenankan untuk masuk dalam tim asistensi..?;
9. Menindaklanjuti dan perjelas pertanyaan sebelumnya tentang tanggung jawab ATK berada di SKPD atau penyelenggara, Berlin, Bappeda Provinsi Kaltim;
10. Juklak penyusunan RKA oleh Biro Bangda sudah disosialisasikan terlebih dahulu ke seluruh SKPD;
11. Asistensi mekanisme lainnya yang dimaksud apakah tahapannya atau berada diluar lainnya, Mujakkir, Bappeda Provinsi Kaltim;
12. Anggota tim asistensi masih kekurangan anggota sebaiknya ada tambahan untuk anggota tim asistensi, Ody, Bappeda Kaltim;
13. Anggota tim asistensi berdasarkan topokksi masing-masing, bukan Bappeda yang paling dominan;
14. Apakah masih diperkenankan waktu tambahan untuk bagi tim asistensi, H. Buyung, Bappeda Kaltim;
15. Perlengkapan asisten yang sudah disepakati tidak dibawa pada saat asistensi berlangsung, Mirwan, Biro Keuangan;
16. Tahun lalu Tim asistensi tetap menerima SKPD walaupun tidak membawa kelengkapan berkasnya, apakah tahun ini juga diperkenankan..?
Jawab dari narasumber antara lain :
1. Hal-hal yang ada diluar mekanisme asistensi kembali pada mekanisme berdasarkan kesepakatan, H. Fahmi;
2. Bila ada perubahan harus dikonfirmasi lebih dulu sebelum diprin, H. Buyung;
3. Tim SIPPD hanya sebagai penjaga, bila tim asistensi menyampaikan untuk dibuka maka akan dibuka;
4. ATK menjadi beban APBD, H. Fahmi;
5. Masing-masing SKPD diharapkan dapat membawa printer sendiri supaya tidak lama menunggu lama;
6. Anggota tim asistensi jangan sampai kekurangan;
7. Pembahasan satu SKPD minimal 1 orang dan harus ada tambahan anggota unuk bag up;
8. Tim harus betul-betul bekerja dengan baik, Asisten IV;
9. Tugas tim harus dilaporkan kepada Asisten;
10. Anggota tim asistensi harus tambah;
11. Ada 3000 kegiatan yang akan di asistensi dan dibagi 4 kelompok, diharapkan dapat diantisipasi waktu yang diperlukan dalam asistensi supaya bisa konsisten, H. Buyung;
12. Pembahasan waktu asistensi disepati lebih dulu dan ditindaklanjuti;
13. Susunan tim perlu ada beberapa tambahan;
14. Staf diperkenankan dalam asistensi berdasarkan SK Tim, H. Fahmi;
15. Dalam UUD ASN nantinya tidak bersarkan eselon, namun berdasarkan kompetensi dimulai pada bulan Desember tahun 2015;
16. Skil / kompetensi yang dimiliki staf lebih penting dari eselon, Asisten IV;
17. Sosialisasi juklak RKA akan dilaksanakan untuk SKPD termasuk kepala SKPD;
18. Ada kesepakatan yang harus disepakati oleh kepala SKPD dalam pekerjaan tim, yang akan dibuat oleh H. Fahmi, Asisten IV;
19. SKPD harus membawa persyaratan pada saat asistensi yang di tandatangani oleh Kepala SKPD;
20. Mengumpulkan seluruh SKPD dalam menyamakan persepsi dalam Asisten SKPD, H. Fahmi;
21. Semua bisa diatasi bila menggunakan system dengan hal-hal / output yang banyak dan berbeda-beda dapat dilakukan lebih cepat dan efisiensi, serta tidak berulang-ulang Asisten I;
22. Sudah waktunya sekarang menggunakan sebuah system;
23. Ada skretariat yang memproses persyaratan untuk asistensi, H. Fahmi;
24. SKPD yang tidak membawa persyarakatan asistensi diharapkan dapat ditegur.
Presentasi atau Demo integrasi SIPPD-SIMD oleh H. Buyung Dodi Gunawan, ST., MM Kasubbag Perencanaan Program Bappeda Provinsi Kaltim
Menyampaikan beberapa poin penting baik pertanyaan peserta dan jawaban narasumber antar lain :
1. Integrasi RKPD sebagai rancangan KUA;
2. Penyusunan KUA berdasarkan system;
3. Memfasilitasi proses asistensi ke system;
4. System mengirim data ke SIMDA;
5. Tim asistensi menyampaikan informasi untuk membuka system untuk SKPD dan kalau sudah selesia akan ditutup dan akan ditransfer ke SIMDA;
6. Bila ada perubahan maka dilakukan sesuai prosedur;
7. Bila sudah selesai, warna jadi hijau;
8. Kekurangan pagu akan dilakukan entri melalui di brige system;
9. Bila angka sudah sesuai dengan pagu maka akan dikunci dan ditransfer ke SIMDA serta dilakukan asistensi awal;
10. Pagu yang statusnya warna merah, artinya tidak bisa di transfer;
11. Asistensi pada tahapan mana..? Berlin;
12. Setelah tanggapan DPRD dan ada perubahan anggaran siapa yang menghimpun dan siapa yang entri...?
13. Tahapan sifatnya paralel selama 1 minggu atau tergantung kesepakatan;
14. Bila ada perubahan pada TAPD maka harus merubah renja SKPD bersangkutan;
15. Aplikasi bridge system merupakan aplikasi terpisah dari SIPPD;
16. User masing-masing SKPD merupakan multi user;
17. Pagu SKPD setelah di transfer semua menjadi RAPBD;
18. Data di bridge system dengan SIMDA sinkron sampai menjadi APBD;
19. Warna ungu merupakan program prioritas dalam RPJMD;
20. Kegiatan yang berada diluar berita acara tidak bisa di edit ;
21. Jumlah karakter di aplikasi bridge system hanya 10 karakter;
22. Kesepakatan warna saat asisten seandainya masih berstatus merah bagaimana..? Surono
23. Dibuatkan report berapa selisih tahapan sebelumnya per SKPD supaya bisa mengetahui perbedaanya, jawa H. Buyung;
24. Rekap data pada masing-masing SKPD, H. Fahmi;
25. Menambah lagi satu tahapan untuk mengunci terlebih dahulu hasilnya, kemudian baru di transfer. H. Buyung;
26. Gaji dan Hibah bagaimana dalam system ini..? H. Fahmi;
27. Apakah server SIMDA terpisah antara BL dan BTL akan dikaji kembali..H. Buyung;
28. Satu database dalam SIMDA dan di aplikasi Bridge System, Taufan;
29. Saat ditransfer Non BL tdk terganggu;
30. Sebelum ditransfer BL sudah dikunci, bila disepakati sebelum tanggal 7 maka dimasukkan dalam berita acara, H. Buyung;
31. BTL asistensi menggunakan hardcopy;
32. BL asistensi menggunakan aplikasi;
33. Entri ulang tidak ada, yang ada penyesuaian pagu indikatif;
34. Usulan nama bridge system kepada peserta;
35. System perencanaan dan penganggaran, usulan Asisten I;
36. SIGAM (Sistem Angaran Gabungan dan Penganggaran) Provinsi Kaltim, usulan Surono;
37. Sistem Penghubung Perencanaan dan Penganggaran Prov. Kaltim, H. Fahmi;
38. Sistem Integrasi Perencanaan dan Penganggaran Prov. Kaltim, (sippkaltim.com ) dan (sippkaltim.go.id) yang disetujui peserta berdasarkan voting.
(Humas Bappeda Provinsi Kaltim/Sukandar,S.Sos).