Samarinda - Bappeda Kaltim. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan kunjungan kerja ke Bappeda Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka koordinasi tentang bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur khusus di Kabupaten PPU. Kunjungan kerja DPRD Kabupaten PPU komisi III langsung diterima oleh Plh. Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Ir. H. Nazrin, M.Si didampingi oleh Kepala Bidang Pengkajian dan Pembiayaan Pembangunan Daerah Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Ir. Hj. Farida Hydro Foilyani, M.Si serta Kepala Sub Bidang Pengembanga Wilayah, Denny Wardhana, ST., MM; Kasubbid Aparatur Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Andrie Asdi, SH; Kasubbid Sumberdaya Alam & Lingkungan Hidup, Ir. Budhi Apresena Bidang Ekonomi; Kasubbid Pembiayaan Pembangunan Daerah, Bidang P3D Bappeda Kaltim, Andi Arifuddin, S.Pi., M.Si dan Buyung Dodi Gunawan, ST., MM serta staf lingkup Bappeda Provinsi Kalimantan Timur dan Sekretariat DPRD Kabupaten PPU di ruang rapat Propeda lantai 2 Bappeda Kaltim, Rabu 21/10/15.
Rombongan DPRD Kabupaten PPU dipimpin oleh H. Rusbadi dengan anggota dari komisi III sebanyak 3 orang menyampaikan aspirasinya di Bappeda Provinsi Kalimantan Timur antara lain :
1. Koordinasi dengan efektif bersama Bappeda Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka meningkatkan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk mendukung program pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara;
2. Indikator apa saja yang dapat mendukung dalam rangka program pembangunan di Kabupaten PPU yang dapat dibiaya melalui bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur;
3. Apa yang perlu dilakukan dan koordinasi antara Bappeda Provinsi Kalimantan Timur dan Bappeda Kabupaten PPU maupun SKPD terkait;
4. Dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka pembangunan atau peningkatan infrastruktur di Kabupaten PPU;
5. Dukungan Infrastruktur Pendidikan Menengah Atas di Kabupaten PPU;
6. Tindak lanjut usulan pembangunan Jembatan Penajam Balikpapan.
Plh. Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur sekaligus Sekretaris Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Ir.H. Nazrin, M.Si bersama para pejabat lingkup Bappeda Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan beberapa tanggapan atas aspirasi DPRD Kabupaten PPU antara lain :
1. Anggaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (APBD) dalam beberapa tahun ini terus mengalami penurunan dampak dari melemahnya perekonomian daerah. Hal ini juga berdampak pada penurunan bantuan keungan kepada seluruh Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur;
2. Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun anggaran 2015 dengan APBD murni sebesar Rp. 91 Milyar dan untuk APBD Perubahan tahun 2015 sebanyak Rp. 21 Milyar. Total bankeu Pemprov. Kaltim tahun 2015 sebesar 112 Milyar .
3. Pembiayaan program/kegiatan melalui bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2015 dengan APBD murni sebesar Rp. 91.083.000.000 (Sembilan puluh satu milyar delapan puluh tiga juta rupiah);
4. Program / kegiatan melalui bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk Kabupaten Penajam Paser Utara melalui APBD Murni antara lain :
a. Lanjutan Pembangunan Pelabuhan Sisi Darat sebesar Rp. 50.000.000.000;
b. Pengadaan Meubelair Ruang Pertemuan SMP/SMA di Kab. PPU sebesar Rp. 2.350.000.000;
c. Pengadaan Meubelair & Furniture Ruang Kelas dan Guru SD, SMP di Kab. PPU sebesar Rp. 2.350.000.000;
d. Peningkatan Jalan Sotek Bukit Subur Penajam Paser Utara sebesar Rp. 10.000.000.000;
e. Peningkatan Jalan Simpang 4 Costa Road Jembatan Sesumpu Kampung Baru sebesar Rp. 10.000.000.000;
f. Sertifikasi Lahan Pertanian sebesar Rp. 500.000.000;
g. Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sebesar Rp. 1.158.000.000;
h. BOSDA sebesar Rp. 7.396.000.000;
i. Tambahan Penghasilan Guru sebesar Rp. 5.904.000.000;
j. Tutor PAUD sebesar Rp. 1.425.000.000.
5. Program / kegiatan melalui bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk Kabupaten Penajam Paser Utara melalui APBD Perubahan sebesar Rp. 21.824.541.150 dengan rincian pembiayaan program/kegiatan antara lain :
a. Peningkatan Jalan Rintik Gunung Makmur sebesar Rp. 1.000.000.000;
b. Pengadaan Hand Traktor sebesar Rp. 500.000.000;
c. Pengadaan Jalan Jumaiah Sungai Parit Jembatan Sesumpu sebesar Rp. 3.000.000.000;
d. Pengadaan Jaringan Listrik dan Travo Kap. 200 Kva (PDAM Unit Sepaku) sebesar Rp.1.400.000.000;
e. Pengadaan Jaringan Listrik dan Travo Kap. 200 Kva (PDAM Unit Waru) sebesar Rp.3.000.000.000;
f. Pengadaan Jaringan Listrik dan Travo Kap. 96 Kva (PDAM Unit Sotek) sebesar Rp.909.141.150
g. Pengadaan Inverter dan Pompa Boster (PDAM Unit Penajam, Waru, Sepaku) sebesar Rp.5.400.000.000;
h. Bosda sebesar Rp. 373.000.000;
i. Tambahan Penghasilan Guru sebesar Rp. 6.242.400.000.
Sementara indikasi program / kegiatan yang akan dibiayai melalui pendanaan bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2016 antara lain :
1. Lanjutan Pembangunan Sisi Darat (MYC) Pelabuhan, Terminal, Surbase dan CPO;
2. Pembangunan Jalan Coastal Road Jembatan Sesumpu Pantai Corong;
3. Peningkatan Jalan Masjid Ar-Rahman - Kapau - Buluminung Akses Pulau Balang;
4. Pengadaan Mabelair dan Interior untuk Ruang Serba Guna Islamic Center;
5. Perluasan Areal dan Perkebunan;
6. Pembangunan Lumbung Pangan;
7. Pengembangan Sarana Lumbung Pangan Desa (Lantai Jemur)
8. Pembangunan Lantai jemur Rumput Laut;
9. Pengembangan Tanaman Padi varietas Lokal;
10. Pengembangan Penangkar Benih Unggul Nasional;
11. Penyuluh Pertanian Pangan;
12. Pembangunan PLTS Terpusat di Kec. Sepaku;
13. Pembangunan Sarana Dan Prasarana Obyek Wisata;
14. Pembangunan Puskesmas 24 Jam dan Rawat Inap Gunung Intan;
15. Kegiatan Setifikasi Lahan.
Koordinasi tindak lanjut antara Pemerintah Kabupaten PPU akan terus diintensipkan baik melalui DPRD maupun SKPD Kabupaten PPU kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka meningkatkan program pembangunan yang lebih baik dimasa mendatang.
Humas Bappeda Provinsi Kalimantan Timur / Sukandar, S.Sos.